Senin, 14 Juni 2010

Bumbu Giling Siap Saji

Buat Masak Lebih Mudah

SAAT ini jika anda akan mengadakan pesta atau hajatan tak perlu susah-susah lagi menggiling bumbu. Cukup ke pasar Angso Duo, tersedia bumbu masak siap saji, baik yang basah maupun kering. Sarbaini (45) satu pedagang dan sekaligus peracik bumbu giling di Pasar Angsoduo Jambi yang siap melayani keperluan anda.

Bermodalkan sebuah mesin giling bumbu, Sarbaini melakoni usaha ini sejak 10 tahun silam. Dalam kurun waktu itu usahanya kian berkembang hingga memiliki empat buah kios dan mempekerjakan delapan tenaga kerja. “Saya memulai usaha ini sejak tahun 2000 lalu,” ujarnya kepada Media Jambi, Jumat (11/5).

Menurut Sarbini, bumbu giling yang disediakan itu, sangat membantu para ibu rumah tangga sehari-hari maupun yang punya hajatan, juga rumah-rumah makan. Karena mereka tidak perlu lagi menggiling bumbu. Bumbu itu telah diracik, diramu hingga siap saji dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan. “Penjualan bumbu masak ini sangat praktis, karena para ibu tidak harus capek-capek menggiling bumbu mengeluarkan keringat. Namun tentu saja harganya jauh beda dengan harga yang belum digiling,” ujarnya.

Bahan-bahan yang digiling dan diracik aneka macam, seperti merica, ketumbar, jahe, kunyit, kemiri dan bahan lainnya. Bahan itu di datangkan dari Jambi dan Padang Sumatera Barat. Selain bumbu masak, dia juga menjual bahan kue yang di pasok dari Jakarta serta aneka bumbu lainnya. Usaha ini mempunyai peluang cerah, karena setiap rumah makan atau warga yang akan melakukan hajatan atau pesta pasti membutuhkan bumbu tersebut. Usaha ini cukup menjanjikan keuntungan. Bahkan dari hasil usaha yang dilakoni Sarbaini mampu memiliki kios sendiri di Pasar Angso Duo dan Pasar Baru Talang Banjar.

Harga bumbu masak bervariasi, Merica misalnya dijual Rp 70.000/kg, bumbu rendang Rp 35.000/kg, bumbu gulai Rp 35.000/kg, ketumbar Rp 28.000/kg. Harga jual tergantung pada harga bahan baku. “Jika bahan baku naik maka harga jual juga naik. Tergantung situasi pasar,” katanya.

Dia menjamin, bumbu yang dijual, tidak kadaluarsa dan tidak memakai bahan pengawet. Karena, mereka menggiling bumbu, kalau stok sudah habis. Bumbu-bumbu ini diracik langsung di rumah Sarbaini di kawasan Payo Silincah.

Sekali giling dihabiskan sebanyak 25 kilogram bahan mentah. Disamping itu bahan-bahan itu juga dicampur untuk membuat bumbu masak seperti bumbu gulai atau rendang dan bumbu lainnya. Terkadang Sarbaini harus menggiling setiap hari karena banyak permintaan pelanggan.

Walaupun memiliki tiga kios di Pasar Angsoduo, namun kios yang paling ramai dikunjungi pelanggan adalah kios yang berada di bagian depan pasar. Hal ini karena mudah dijangkau dan telah memiliki pelanggan tetap. Kios ini buka setiap hari dari jam 08.00WIB hingga 17.00WIB. Selain dia menyediakan bumbu dalam kiloan dan juga kemasan. Karena kebanyakan para ibu rumah tangga hanya memerlukan sedikit untuk masakan mereka. (mas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar